Bau Unikama – Jumat pagi  28 April 2017, keluarga besar Unikama menghelat Arisan periode 2 bertempat di Auditorium Multikultural. Ibu Endang sebagai Ketua Arisan selaku istri dari Rektor Unikama Bapak Pieter Sahertian dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada anggota arisan dosen dan karyawan yang telah hadir termasuk unsur pimpinan Wakil Rektor I dan II,  juga ucapan terimakasih kepada Rumah Sakit Ibu dan Anak Mutiara Bunda Malang yang akan memberikan materi sosialisasi tentang kangker serviks dan pencegahannya.

Dokter muda cantik yang ditunjuk oleh RSIA Mutiara Bunda untuk memberikan  sosialisasi yaitu dr. Nufrianti begitu semangat dan menebar senyum karena yang hadir cukup banyak dan sangat antusias. Kanker serviks dapat menyerang siapa saja baik wanita maupun pria, namun paling banyak korban wanita. Kangker serviks terjadi pada leher rahim wanita disebabkan hubungan seksual sejak dini dan wanita yang sering melakukan hubungan berganti-ganti pasangan, tambah dokter muda ini.

NUANSA MEDIS SAAT ARISAN KELUARGA BESAR UNIKAMA
NUANSA MEDIS SAAT ARISAN KELUARGA BESAR UNIKAMA 

Penyampian yang enak menggunakan bahasa Indonesia campur bahasa medis, membuat hadirin sedikit bingung memahaminya, sehingga hadirin cenderung melihat tayangan gambar organ-organ yang tampil pada layar LCD.

HPV (Human Papillomavirus) penyebab dari kanker serviks, virus ini menyebabkan kutil di tangan, kaki dan alat kelamin yang ditularkan lewat hubungan seks. HPV Tidak tampak gejalanya sehingga banyak wanita tidak sadar kalau terinfeksi.

Penggunaan kondom dan vaksin sebagai alat untuk mencegah tertularnya infeksi HPV, yang juga sangat penting adalah melakukan langkah screening  untuk kanker serviks dikenal dengan Pap Smear yang berfungsi mendeteksi jika ada sel-sel abnormal yang berpotensi berubah menjadi sel kanker. Pap Smear dapat dilakukan di RSIA Mutiara Bunda baik secara individu maupun kelompok.

NUANSA MEDIS SAAT ARISAN KELUARGA BESAR UNIKAMA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *