BAU Unikama – Lebih dari 100 siswa SMK baik Negeri maupun Swasta menimbah ilmu di kampus Unikama untuk melaksanakan Praktek Kerja Lapangan (PKL) atau dengan istilah lain Praktek Kerja Industri (Prakerin).

Kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan di Dunia Industri dengan tujuan untuk mendekatkan dan meningkatkan mutu siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan kompetensi (kemampuan) siswa sesuai bidangnya masing-masing.

Prakerin Unikama 2017


Kegiatan Prakerin biasanya dimulai pada bulan Juli hingga bulan Mei, masing-masing sekolah memiliki aturan yang berbeda-beda dalam menentukan waktunya, mulai 10 bulan, 6 bulan, 4 bulan dan minimal 3 bulan.

Beberapa sekolahan yang telah bekerjasama untuk penempatan siswa prakerin dengan kampus Unikama adalah SMKN 1 Kota Malang, SMKN 4 Kota Malang, SMKN 8 Kota Malang, SMKN 10 Kota Malang, SMK PGRI 2 Kota Malang, SMK PGRI 6 Kota Malang, SMK PGRI 7 Kota Malang, SMK Nasional Malang, SMK PGRI 1 Sumbermanjing Wetan, SMK NU Bululawang, SMK Widya Dharma Turen, SMK PGRI Turen, SMK PGRI Pakisaji, SMK Asy Syafiiyah.

Selain itu Unikama juga menerima siswa Prakerin dari luar kota seperti SMKN 1 Wates Kediri, SMKN 1 Pagerwojo Tulungagung, SMKN 1 Sepulu Madura, SMKN 1 Sumenep Madura dan yang paling jauh yaitu SMKN 1 Palu Sulawesi.

Dalam hal penempatan siswa prakerin, Unikama membatasi hanya untuk bidang kompetensi tertentu seperti APK (Administrasi Perkantoran), AKT (Akuntansi), TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan), dan Multimedia.

Momentum penerimaan Prakerin sangat penting untuk mengenalkan Universitas Kanjuruhan Malang kepada siswa dan sekolah terlebih persaingan antar Perguruan Tinggi sangat ketat dalam hal penerimaan mahasiswa baru, semakin banyak Mou dengan sekolah semakin di baik penjaringan calon Maba di Unikama.

Prakerin Unikama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *